OS/2 2.0

Sunday 20 October 2013

        OS/2 2.0 di keluarkan oleh IBM pada sekitar bulan maret hingga april tahun 1992. Yang khas dari system operasi ini adalah merupakan versi pertama dari OS/2 yang di produksi oleh IBM tanpa campur tangan Microsoft. Karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa OS/2 adalah system operasi yang di buat berkat kerja sama antara Microsoft dan IBM. OS/2 2.0 juga merupakan versi pertama system operasi yang sesuai dengan computer 32 bit.

        OS/2 2.0 memiliki fitur yang cukup berbeda dari versi yang sebelumnya, dimana dalam versi ini di tambahkan suatu fitur yang disebut Workplace Shell atau WPS singkatnya. Itu merupakan pengembangan dari GUI sebelumnya. Dimana dalam WPS penggunanya dapat mengelola program, file, dan dapat pula memanipulasi objek. WPS merupakan pelopor fitur drag, drop, cut, copy, dll. Tidak sedikit pengguna yang pro dan kontra terhadap fitur Workplace Shell milik os/2 2.0 ini. Sebagian ada yang keberatan terhadap peluncuran fitur ini dan mengklaim fitur ini adalah sebuah kesalahan. Namun ada pula yang mengakui bahwa fitur ini merupakan suatu inovasi.


Tampilan os/2 2.0 saat  pertama di rilis


         Kecanggihan OS/2 2.0 semakin menjadi ketika system operasi ini dapat menjalankan apa yang ada di DOS dan Windows. System operasi ini juga mulai mengenali penggunanya dengan “Multi Tasking” dimana para pengguna dapat membuka beberapa jendela aplikasi secara bersamaan.

multitasking



        Kelemahan dari system operasi ini adalah harga driver yang mahal dan terbatas. Untuk masalah instalasi,  IBM menjual OS / 2 versi 2.0 pada disket HD berukuran 3 ½ "dan 5 ¼"  serta pada versi CD-ROM. Meskipun pada saat itu CD ROM masih merupakan suatu hal yang mewah. Dan hanya beberapa CD ROM yang mendukung hal tersebut.

         Pengembangan OS/2 memang sangat lemah jika berhubungan dengan applikasi, dimana OS/2 sangat kekurangan aplikasi. Maka dari itu, pada OS/2 2.0 IBM mencoba menginstall aplikasi 32 bit di system operasi ini, beberapa applikasi tersebut adalah :


     1.       Corel Draw 2.5





               Sebelum mengeluarkan versi 2.5, corel draw terlebih dahulu mengeluarkan versi 2.0 16 bit, yang tidak compatible dengan OS/2 2.0, lalu di keluarkanlah versi selanjutnya yaitu 2.5 dengan 32 bit.


        2.       Micrografx Designer


                 Hampir sama seperti corel draw, fungsinya yaitu untuk mendesain, namun software ini lebih bertujuan pada kegiatan merancang. Tampilan nya cukup berbeda dari corel draw, software ini memiliki tools yang lebih lengkap.





    Sumber :
     

    0 comments:

    Post a Comment