Aplikasi Perkantoran – VideoText

Saturday 9 November 2013

Aplikasi Perkantoran – VideoText

           Aplikasai perkantoran adalah sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor supaya mempermudah pekerjaan dan meningkatkan kinerja perusahaan. Komponen-komponennya umumnya didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama lain. Kebanyakan aplikasi perkantoran terdiri dari sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan, paket dapat terdiri dari sebuah program presentasi, peralatan basis data, paket grafis dan peralatan komunikasi. Sebuah paket perkantoran juga dapat memiliki sebuah klien surat elektronik dan manejer informasi pribadi atau paket groupware. Salah satu contoh aplikasi perkantoran adalah video text.


          Pengertian Video Text

        Video text adalah penggunaan computer untuk tujuan memberikan materi tampilan tekstual pada layar CRT. Materi tekstual biasanya berbentuk materi naratif atau tabulasi dan disimpan dalam penyimpanan sekunder pada computer. Video teks ini memungkinkan setiap individu untuk meminta kerangka informasi dari komputer pusat melalui telepon atau kabel, untuk ditampilkan pada layar berupa tampilan video.

layar ATM - contoh videotext
      Informasi yang dimuat biasanya berupa berita, informasi kejadian aktual, serta berbagai informasi mengenai kebutuhan sehari-hari seperti prakiraan cuaca, nilai tukar mata uang, jadwal pertunjukan layar lebar, jadwal keberangkatan kereta api, pesawat terbang, bus, serta ditambah iklan. Berbeda dengan teleteks, videoteks memiliki kemampuan lebih, yaitu memungkinkan penggunanya tidak hanya mengakses informasi satu arah, melainkan juga melakukan komunikasi dua arah. Misalnya, pengguna videoteks tidak hanya dapat mengetahui jadwal pertunjukan bioskop, melaikan juga dapat memesan kursi melalui layar televisinya. Sistem videoteks memungkinkan pengguna melakukan transaksi dengan komputer utama seperti berbelanja, melakukan transaksi perbankan, dan sebagainya dengan layar televisi yang dihubungkan dengan keyboard.
        Videotex dalam definisi yang lebih luas dapat digunakan untuk mengacu pada setiap layanan tersebut, termasuk internet, sistem papan buletin,penyedia layanan online , dan bahkan kedatangan / keberangkatan menampilkan di bandara. Penggunaan ini tidak lagi umum.

         Untuk menyediakan informasi dalam bentuk videotext, terdapat tiga sumber utama bahannya, yaitu :
  • Menciptakan file videotext pada komputernya sendiri.
  • Berlangganan jasa videotext, yang  memungkinkan pemakai untuk mengakses file videotext yang disediakan oleh jasa tersebut.
  • Memperoleh akses ke file videotext dari perusahaan lain.


    Sejarah dan Perkembangan Video Text
      Videoteks dikembangkan oleh Sam Fedida beserta rekan-rekannya di British Telecommunications Research Laboratories pada tahun 1971. Motivasi pengembangan teknologi yang mulai diujicobakan pada 1976 ini adalah untuk memberi kemudahan bagi masyarakat. Yakni melalui peningkatan penggunaan telepon, kebutuhan pelayanan informasi yang interaktif, dan sebagainya. Selanjutnya, videoteks berkembang semakin pesat dengan rentang pengguna yang luas, dari rumah tangga hingga perusahaan atau kantor-kantor besar. Perkembangan videoteks pada tahun 80-an dimulai dengan lahirnya empat sistem videoteks yang masing-masing saling tidak kompatibel. Tentunya, keempat videoteks yang dikembangkan di negara-negara yang berbeda ini masing-masing bertujuan memenangkan pasar dengan dukungan dana yang sangat besar dari pemerintah. Keempat videoteks tersebut adalah :


  • PRESTEL
     
Prestel
        Diperkenalkan oleh kantor pos Inggris sebagai pelayanan videoteks komersial pertama di dunia pada tahun 1979. Hingga 1981, diperkirakan 10.000 terminal videoteks PRESTEL telah digunakan dengan lebih dari 500 provider informasi. Kemudian, di tahun 1982, PRESTEL meluncurkan layanan baru GATEWAY yang memperluas layanan ke database yang telah ada. Data terakhir pada pertengahan 1980-an, PRESTEL telah memiliki 250.000 orang pengguna dengan 50.000 terminal.



  • ANTIOPE
       Diciptakan oleh badan penyiaran dan pos Perancis. Pada tahun 1986, lebih dari 2000 provider informasi dan jasa yang telah tergabung dalam terminal videoteks, meliputi 150 pelayanan media, 150 pelayanan finansial dan bank, 150 pedagang retail, dan sisanya tersebar dalam bidang pariwisata, pendidikan, pelayanan pemerintah, pertanian, kesehatan, transportasi, asuransi, dan industri.

  • TELIDON
            Telidon berasal dari bahasa Yunani, Tele (jauh) dan Idon (melihat). telidon adalah videoteks yang dikembangkan oleh Canadian Communications Research Center (CRC) selama 1970 an dan awal 1980-an. CRC menyebut Telidon sebagai sistem Generasi Kedua yang menawarkan peningkatan kinerja, grafis 2D, dukungan multi bahasa, dan sejumlah pilihan interaktivitas yang berbeda didukung pada berbagai hardware. Dengan fitur tambahan yang ditambahkan oleh AT & T Korporasi, Telidon menjadi dasar untuk NAPLPS standar.
telidon

  • CAPTAIN
          Diluncurkan oleh Jepang pada tahun 1980.


          Kelebihan Videotext

  • Videoteks memiliki kemampuan yang lebih baik termasuk dalam kecepatan menangkap informasi
  • Menyediakan konten interaktif dan menampilkannya di televisi, biasanya menggunakan modem untuk mengirim data di kedua arah.
  • Ada komunikasi dua arah

          Kekurangan Videotext

  • Menyajikan informasi dalam jumlah halaman yang terbatas, tergantung pada kapasitas memori komputer pusat.
  • Jumlah informasi yang dapat dimuat dalam satu halaman tampilan juga sangat terbatas, yakni sekitar seratus kata atau setara dengan jumlah materi grafis.
  • Penggunaan videoteks menyedot biaya yang besar

 sumber :
http://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Telidon&prev=/search%3Fq%3Dtelidon%26client%3Dopera%26hs%3Dq9f


0 comments:

Post a Comment