Wirausaha ?? Yuk Mulai dari sekarang !!

Friday 22 November 2013

Wirausaha? Apasih wirausaha itu? Kenapa harus ber-wirausaha?



Ya ! memang pertanyaan tersebut pasti akan keluar dari benak para pembaca ketika melihat Judul artikel ini. Namun jangan khawatir, disini kita akan membahas sedikit mengenai Wirausaha.

Sejarah Wirausaha

              Wirausaha dimulai sejak masa seorang pedagang bernama Marcopolo pergi ke Timur. Saat itu ia tidak membawa dagangan nya sendiri. Ia membawa barang dagangan milik seorang pengusaha melalui pertandatanganan kontrak. Saat itu segala resiko di telan oleh Marcpolo yang dahulu posisi nya tersebut disebut sebagai wirausaha. Dimana wirausaha disaat itu didefinisikan sebagai orang yang menggunkan modal orang lain dan mendapatkan bagian dari keuntungan yang lebih kecil dari pemilik modal.
                
         Sekitar abad lima belas, pengertian wirausaha mengalami pergeseran. Saat itu istilah wirausaha dipakai untuk melukiskan seseorang yang memimpin proyek produksi. Berbeda dengan zamannya Marcopolo, orang ini tidak menanggung resiko apapun. Tetapi ia bertanggungjawab menyediakan sumber-sumber yang diperlukan.

                Dan yang saat ini ada di sekitar kita adalah  pendapat dari Joseph Schumpeter pada tahun 1912. Pendapatnya  masih diikuti banyak kalangan, karena lebih luas. Menurut Schumpeter, seorang entrepreneur tidak selalu seorang pedagang ( businessman )  atau seorang manager; ia adalah orang yang unik yang berpembawaan pengambil resiko dan yang memperkenalkan produk-produk inovative dan tehnologi baru ke dalam perekonomian. (  Buchari Alma, 2001:22 )


Jadi Wirausaha itu apa sih?

              Jadi, wirausaha  adalah seseorang yang dapat mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru. Orang yang berani menanggung resiko atas bisnis yang ia tekuni. Orang tersebut juga melihat bahwa terdapat suatu peluang luar biasa dalam suatu bidang. Seseorang yang mengorganisir dan menanggung resiko sebuah bisnis atau usaha. 


Kekurangan dan Kelebihan Wirausaha

Kekurangan Wirausaha :

  1. Memperoleh pendapatan yang tidak pasti, dan memikul berbagai resiko. Jika resiko ini telah diantisipasi dengan baik, maka berarti wirausaha telah menggeser resiko tersebut.
  2. Bekerja keras dan waktu/jam kerjanya panjang pada awal membuka wirausaha.
  3. Pada saat awal memulai bisnis harus berhemat. 
  4. Tanggung jawab dan resiko yang di hadapi sangatlah besar.
  5. Beban pikiran yang berat

Kelebihan Wirausaha

  1. Waktu Menjadi Lebih Banyak
  2. Menghasilkan Pendapatan Pribadi
  3. Membuka Kesempatan Lapangan Kerja Baru
  4. Ilmu dan Wawasan Menjadi Bertambah
  5. Memperluas Rekanan (Networking)
  6. Pekerjaan sesuai minat (Hobby)


Nah nikmat bukan menjadi pengusaha ???

             Mulai lah berwirausaha dari hal kecil, kenapa? Karena dengan berwirausaha kita dapat membantu orang lain dengan menyediakan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan. Meskipun wirausaha memiliki kekurangan yang tidak sedikit, namun perlu di ingat apapun kekurangan atau penghambat pasti akan terlewati ketika kita melakukan  hal tersebut dengan ikhlas. Jadi? Ayo kita berwirausaha !




suumber :

2 comments:

Unknown said...

yaudah yuk kita berwirausaha bu icong wkwkk

icong said...

hayu atuh mbak febri,mau usaha apa? ahaaha

Post a Comment